Selasa, 15 November 2016

Menghargai Orang Lain

        Kata menghargai menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia mempunyai arti bermacam-macam, di antaranya memberi, menentukan, menilai, membubuhi harga, menaksir harga, memandang penting (bermanfaat, berguna), menghormati.

Apa arti menghargai orang lain?
     Arti menghargai seseorang adalah kita harus menghargai segala sesuatu dan dari sekecil-kecilnya hal yang orang lakukan untuk kita, baik itu hal yang menurut kita kurang penting sampai hal yang terpenting sekalipun. 

       Menghargai seseorang itu sangat penting bagi kehidupan. Menghargai adalah suatu sikap memberi nilai positif yang diterima oleh seseorang. seberapa besar apapun bentuknya kita terima dengan lapang dada dan syukuri. Seberapa besar usaha orang itu lakukan kita harus menghargainya. Walaupun tidak ada pengaruhnya bagi kita, kita tidak harus meremehkan atau menyepelekan. Dimulai dengan niat yang terdapat pada orang tersebut untuk berusaha namun timbal-balik yang ia terima tidak ada. “Terima Kasih” adalah dua buah kata untuk memulai awal paling tepat untuk menghargai seseorang. Memang terkadang kita tidak sadari perbuatan atau perkataan kita yang menurut kita sepele dapat menyakiti hati seseorang yang berniat untuk melakukan sesuatu.Bahwa setiap perkataan kecil yang kita ucapkan berakibat yang sangat besar bagi orang lain.

       Kebanyakan orang suka bergaul atau bekerjasama dengan orang-orang yang setara dengannya. Itulah sebabnya, jika bertemu dengan orang yang lebih rendah, orang-orang biasa meremehkan. Kadang orang semena-mena terhadap seseorang yang derajatnya lebih rendah dari mereka. Kita tidak diajarkan untuk berbuat seperti itu kepada orang lain. Biarpun mereka adalah orang-orang yang derajatnya lebih rendah kita tidak harus merendahkan mereka. Menghargai orang lain atau memberi respect merupakan keutamaan dalam hidup. Kata respect itu berasal dari bahasa Latin respicere yang berarti: mengarahkan pandangan atau memerhatikan. Orang lain atau "yang lain" itu berubah menjadi liyan. Kata ini berasal dari bahasa Jawa "liya" yang berarti: berbeda atau lain. Perbedaan itulah yang memerkaya satu sama yang lain. Orang lain bukanlah sebagai "saingan" atau "musuh" bahkan "neraka". 

        Menghargai orang lain, mungkin suatu hal yang perlu untuk dibiasakan. Namun betapa sulitnya hal itu untuk dilakukan terutama dalam hal kecil. jika ingin dihargai sebaiknya kita berusaha untuk bisa mengharagai orang lain terlebih dahulu. karena jika kita tidak bisa menghargai orang lain belum tentu mereka bisa menghargai kita. Kecenderungan aeaeorang secara alamiah adalah keinginan untuk mendapat tanggapan atau penghargaan atas apa yang dilakukannya. Kebutuhan untuk menuangkan ekspresi diri secara positif telah mendorong setiap orang untuk terus menghasilkan hasil terbaik demi kebaikan dirinya dan orang lain. Menghormati dan menghargai hasil orang lain harus dilakukan tanpa memandang derajat, status, warna kulit, atau pekerjaan orang tersebut karena sesuatu yang mereka hasilkan merupakan pencerminan dari pribadi seseorang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar