Minggu, 11 Januari 2015

Tutorial Merakit Komputer




Nama Anggota Kelompok :
Muhammad Abi Arifianto
Nuraya Ayu Oktabella
Reynaldi Syahrizal
Purwo Adhi Nugroho



Sesuaidenganpengartian New Media, dimana
" New Media terdiri dari 2 kata yaitu New dan Media. New yang berarti Baru dan Media yang berarti Perantara. Jadi New Media merupakan Sarana perantara yang baru. Baru dalam arti disini dilihat dari segi waktu, manfaat, produksi, dan distribusinya. New Media juga dapat disebut sebuah istilah yang dimaksudkan untuk mencakup kemunculan digital, komputer, atau jaringan teknologi informasi dan komunikasi di akhir abad ke-20. Sebagian besar teknologi yang digambarkan sebagai “media baru” adalah digital, sering kali memiliki karakteristik dapat dimanipulasi, bersifat jaringan, padat, mampat, interaktif dan tidak memihak. Beberapa contoh New Media adalah Internet, website, komputer multimedia, permainan komputer, CD-ROMS, dan DVD. "
Pada postingan kali ini, saya akan membagikan sebuah hasil dari representasi hadirnya New Media. Seperti pada pengertiannya media baru atau new media merupakan perantara dengan cara yang baru, maka kami membuat sebuah video tutorial dimana video tersebut juga termasuk kedalam kategori New Media.



Dalam pembuatan video tutorial peraktian komputer tersebut, kami menggunakan software Adobe Premiere. Berikut adalah tahapan yang kami lakukan dalam pembuatan video tutorial tersebut.





Tahap1 : ( Membuka dan Mengatur file baru pada program Adobe Premiere )



Diatas adalah tampilan awal (Startup) ketika program Adobe Premiere dibuka. Terdapat kolom recent projects dimana untuk menampilkan project sebelumnya yang telah kita buat, serta terdapat tombol New Project, Open, dan Help. Klik New Project untuk membuat project baru. Dan akan muncul pop up window (New Project) sebagai berikut


Gambar diatas merupakan kotak dialog yang berisikan settingan atau pengaturan terhadap file baru yang ingin dibuat, disini kami menggunakan format DV - PAL (Standard 48 Khz). Setelah selesai, klik ok.


Tahap2 : ( Import Video dan Melakukan Editing )




Setelah selesai dengan pengaturan file yang akan dibuat, langkah selanjutnyaa dalah dengan melakukan editing video. Dimulai dengan proses Import File yang diperlukan untuk kebutuhan editing, hingga editing video itu sendiri. Di karenakan proses editing yang tidak sebentar dan langkah yang panjang. Saya hanya akan memberikan source link tutorial terkait dengan apa yang saya lakukan dengan video. Hal - hal yang saya lakukan dalam proses pengeditan video tersebut antara lain :



Tahap3 : ( Mengexport Video )

Selesai dengan semua tahapan pengeditan, tahap 3 adalah tahap terakhir dalam proses pembuatan sebuah video. Tahapan tersebut adalah tahapan Export atau biasa disebut dalam dunia video dengan sebutan Rendering proses.

Klik File > Export > Media / dapat dengan menekan Ctrl+M


Setelah itu akan terbuka pop up window Export Settings pada program Adobe Premiere, dimana window ini berguna untuk mengatur keluaran (output) yang berupa video nantinya. Mulai dari kualitas video, format file dari video, serta hal - hal lainnya yang berkaitan dengan video sebagai outputnya.


Klik Export dan akan muncul kotak render seperti gambar dibawah ini.


Lamanya proses rendering sendiri tergantung dari panjangnya durasi sebuah video yang di edit, banyaknya efek yang digunakan pada video tersebut, hingga kemampuan masing - masing komputer yang berbeda satu dengan yang lainnya. 

Tahapan tersebut merupakan tahapan akhir dari proses pembuatan video tutorial. Postingan ini saya dedikasikan untuk Tugas pada Mata Kuliah saya ( Softskill ), dengan tujuan mengaplikasikan New Media.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar