Rabu, 19 November 2014

Contoh Aplikasi New Media

New Media merupakan media yang memudahkan dalam bertukar informasi dan berbagai kegiatan lainnya. Dimana saja kapan saja orang dapat dengan mudah berkomunikasi dan mendapatkan informasi. Berikut ini adalah 5 contoh aplikasi new media beserta fitur dan kontennya.


1. Facebook


Sebuah layanan jejaring sosial atau web yang memungkinkan seseorang untuk membuat profil pribadi dirinya dan juga sebagai sarana untuk berbagi informasi dan data dengan pengguna lainnya.
Fitur-fitur yang terdapat pada facebook antara lain: chat, credits, easter eggs, facebook live, IPv6, messages and inbox, networks, groups, and like pages, news feed, notifications, phone, poke, smartphones, status updates, URL Shortener, username, dan wall.
Kelebihan facebook:
1. Membantu kita untuk mendapatkan teman.
2. Bagi yang mempunyai bisnis facebook ini bisa membantu untuk mempromosikan bisnis kita.
3. Kalau kita mempunyai saudara jauh situs ini bisa membantu kita untuk berkomunikasi dengan saudara jauh.
4. Memudahkan mendapatkan informasi yang tidak kita ketahui.
5. Mempertemukan kembali kepada teman lama
6. Membuat group untuk bersosialisi.

Kekurangan facebook:
1. Bisa membuat para pelajar menjadi malas untuk belajar.
2. Memberikan kesempatan bagi para orang-orang yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan berbagai tindakan kejahatan.
3. Berkurangnya privasi akan kehidupan pribadi seseorang
4. Pemalsuan identitas




2. Twitter



Twitter adalah sebuah situs web yang dimiliki dan dioperasikan oleh Twitter Inc., yang menawarkan jejaring sosial berupa mikroblog sehingga memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan yang disebut kicauan (tweets).
Fitur-fitur pada yang terdapat pada jejaring sosial Twitter ini antara lain: Laman utama (home), profil, pengikut (followers), mengikuti (following), gamitan (mentions), favorite, pesan langsung (direct message), tagar (hashtag), senarai (list), topik hangat (trending topic).
Kelebihan twitter :
1. walaupun terbilang baru namun mampu menyita banyak member walaupun tak sebanyak facebook.
2. banyak artis yang sering menggunakan twitter daripada facebook sehingga memancing fansnya juga memakai twitter.
3. Dalam twitter jika ingin menambah teman cukup melakukan 'follow' dan tidak perlu disetujui oleh orang yang kita 'follow', jika di facebook harus menunggu konfirmasi dari orang yang di add.
4. Dapat lebih mudah mengganti status dengan sekali tombol 'tweet'.
5. Kita dapat mengubah gambar layout. Layout dapat berupa gambar default yang disediakan oleh twitter maupun foto kita sendiri, jadi akan tampak lebih bagus.
6. Media berita online banyak membuka account twitter sehingga memudahkan kita untuk mendapatkan berita.

Kekurangan twitter :
1. karakter yang digunakan sangat sedikit (pada kolom tweet) dibatasi hanya 140 karakter sangat sedikit dibanding facebook yang mampu menampung 500 karakter.
2. Penggunaan twitter terbilang lebih rumit dan ribet dibanding facebook. Kita harus menguasai beberapa simbol dalam twitter seperti @, RT, #, dan masih banyak simbol yang lainnya.
3. dalam twitter harus pandai menyingkat kata karena karakter yang disediakan sangat sedikit.
4. foto profil sangat kecil dan tidak bisa membuat album foto berisi banyak foto layaknya dalam facebook.
5. biodata pribadi juga sangat sedikit dibanding facebook yang menampung biodata yang cukup kompleks.





 3. Path




Path adalah sebuah aplikasi jejaring sosial dalam smartphone yang memungkinkan penggunanya untuk berbagi gambar dan juga pesan. Penggunaan dari Path ditargetkan untuk menjadi tempat tersendiri untuk pengguna berbagi dengan keluarga dan teman-teman terdekat.
Penggunaan Path berbeda dari jejaring sosial lainnya di mana hanya pengguna yang telah disetujui yang dapat mengakses halaman Path seseorang. Status privasi dari aplikasi ini menjadikan Path lebih eksklusif dari berbagai jejaring sosial yang ada. Path dapat digunakan di iPhone, iPad, iPod Touch, dan Android versi apapun. Aplikasi ini tersebar melalui Apple Application Store dan berbagai situs aplikasi lainnya.


Fitur-fitur Path :
· - Profil
Profil pada Path ini dapat digunakan untuk mengatur tampilan pada halaman path, isinya ada tampilan foto pengguna foto latar belakang profil dan moment-momment yang sudah pernah kita posting.


· - Upload
Tidak seperti kebanyakan jejaring social yang hanya bisa share foto, status, video, dll. Path dapat digunakan untuk mengupload hampir semua hal, berikut hal-hal yang dapat di upload dengan Path :
- Status : untuk mengungkapkan status / apa yang dirasakan user.
- Musik : share lagu apa yang sedang didengar user
- Film : share Film yang sedang ditonton user.
- Buku : share Buku yang sedang dibaca user.
- Lokasi : untuk share lokasi dimana user berada.
- Foto : mengupload foto untuk memperlihatkannya kepada teman
- Video : mengupload video untuk memperlihatkannya kepada teman
- Tidur : untuk share waktu tidur user, jadi teman – temannya bisa tau jika si user tersebut sedang tidur.


C -Chat
j Fitur ini memberi kesempatan pada pengguna untuk chatting dengan teman-teman dalam lingkup pertemannannya.


· - Terlihat
Fitur ini memberikan pengguna informasi atas berapa banyak dari pengguna lain yang telah melihat momen yang diunggah pengguna. Setiap pengguna yang telah melihat momen yang diunggah akan terlihat di bagian khusus dan dapat diakses oleh setiap pengguna.


· - Komentar
Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengunggah komentar untuk setiap momen dari pengguna lain yang telah menjadi teman. Fitur komentar dapat digunakan untuk setiap jenis momen yang ada seperti foto, status, musik, dll.


Kelebihan Path:
Kelebihan Path yang sangat menonjol dari jejaring sosial lainnya adalah jumlah interaksi yang sangat terbatas. Jumlah pengguna yang dapat berinteraksi dengan satu pengguna dibatasi sampai 150 saja. Hal ini menjadikan akun dari Path eksklusif dan menjaga privasi dari pengguna. Selain itu, kelebihan path dalam hal privasi pengguna tidak memungkinkan pengguna yang tidak disetujui untuk mengakses akun yang ada. Tidak adanya kolom iklan dan promosi lainnya menjadikan Path lebih terfokus kepada pengguna sendiri.


Kekurangan Path:
Jumlah pertemanan pada Path ini pengguna hanya bisa berteman dengan 150 pengguna lainnya, agar dapat menjaga privacy si pengguna. Dan juga bila melihat profile seseorang dapat diketahui oleh orang itu.




4. Youtube


YouTube adalah sebuah situs web berbagi video yang dibuat oleh tiga mantan karyawan PayPal pada Februari 2005. Situs ini memungkinkan pengguna mengunggah, menonton, dan berbagi video.


Fitur – fitur YouTube
· - Kualitas Video
Kini pengguna Youtube dapat mengakses video dengan Resolusi yang dapat disetarakan dengan kecepatan Internetnya. Ada bermacam-macam resolusi yang tersedia di youtube yaitu : 144p, 240p, 360p, 480p, 720p dan 1080p dan ada juga mode auto untuk menyetarakan kualitas video dan kecepatan internet anda agar waktu buffer video dapat berkurang.


· - YouTube Live
Fitur ini sangat cocok buat orang orang yang tidak mau ketinggalan berita,sepak bola dan acara live lainnya.Youtube Live menyediakan channnel yang menyiarkan langsung Acara TV ke youtube.


· - YouTube Editor
Untuk para pengguna Youtube sekarang tidak usah repot-repot lagi untuk mengedit video yang akan diupload keyoutube dengan suatu aplikasi, Karena sekarang sudah disediakan Youtube video editor. Youtube Editor memungkinkan Anda untuk untuk mengedit video. Ini memang tidak bisa mengedit video semaksimal mungkin, tapi setidaknya memungkinkan Anda menggabungkan, memotong dan memutar video. Bagian terbaik dari Editor YouTube adalah bahwa hal itu memungkinkan Anda untuk menemukan hak cipta musik gratis yang dapat Anda tambahkan ke video Anda. Ia juga menawarkan beberapa fitur canggih,antara lain adalah Slow Motion,remove jerky camera motions dan masih banyak lagi fitur Youtube Edittor yang layak anda coba.


Kelebihan YouTube:
- Dengan Youtube kita bisa melihat berbagai video yang belum kita lihat diTV sebelumnya, sehingga kita tidak melewatkan informasi maupun infotaiment.
- Didalam YouTube terdapat menu “search” sehingga apabila kita masukkan nama atau jenis video yang mau diambil maka secara otomatis dan cepat akan muncul video yang kita inginkan.
- Di youtube terdapat berbagai jenis format video yang bisa kita pilih sesuai dengan aplikasi pemutar video yang kita punya
- Gambar Video di Youtube sudah bagus sehingga kita nyaman dan jelas apabila kita menontonnya


Kekurangan YouTube:
- Apabila koneksi internet kita lagi lambat, maka dalam mengambil video di Youtube pun akan terganggu dan mungkin kita akan menunggu terlalu lama.
- Video didalam youtube umumnya memiliki ukuran atau kapasitas sangat besar.
- Youtube tidak menyediakan aplikasi pengambilan video di website, sehingga kita harus mencari aplikasi lain seperti keepvid dan youtube downloader.



5. Skype
 

Skype merupakan aplikasi komunikasi yang digunakan untuk mengobrol dan melakukan penggilan video (video call). Skype dianggap memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan aplikasi-aplikasi sejenisnya. Salah satu fitur yang disukai oleh orang dari Skype adalah kualitas panggilan video-nya yang jauh lebih bagus dan jarang mengalami gangguan, baik kualitas video maupun suaranya. Jika pun ada gangguan banyak disebabkan oleh jaringan internet dari penggunanya. Selain itu, skype tidak hanya bekerja pada Windows, tetapi bekerja juga untuk Mac OS X, Linux dan PDA menggunakan poket PC, dengan tampilan asli dan untuk setiap platform. Berbicara, pengiriman pesan singkat atau bahkan transfer file bekerja diantara platform yang berbeda seperti charm.
Fitur dari Skype :
Skype calling – Skype memiliki banyak fitur dalam ordinary phone sehingga itu menjadikan lebih mudah untuk mengatur dalam hal pemanggilan.
Video calling – melihat dengan siapa Anda berbicara pada waktu yang sama seperti Anda berbica pada mereka.
Add Skype dan kontak SkypeOut - menambah kontak untuk seseorang yang menggunakan Skype dan yang menggunakan ordinary phone sehingga Anda dapat melakukan pemanggilan kepada banyak orang.
Organising groups – kontak sebuah group/kelompok disertai nama dan membagi kepada mereka nomor kontak Anda sehingga mereka dapat berbicara dengan Anda juga.
Basic chat dan emoticons – digunakan ketika Anda tidak dapat melakukan pemanggilan, chat atau Instant Message (IM) dengan mudah pada komunikasi Anda dengan orang lain.
Group chat – digunakan ketika melakukan chat atau Instant Message (IM) kepada semuat teman Anda lebih mudah pada waktu yang sama.
Profile settings – merubah bagaimana Anda muncul ke dunia dan bagaimana orang mengetahui tentang Anda.
Conference calling – berbicara kepada seluruh teman Anda pada waktu bersamaan.
Import contacts – pencarian pada address book Anda untuk menemukan teman dan keluarga yang memiliki sebuah nama Skype dan memulai melakukan pembicaraan secara gratis.
View Outlook contacts – lihat dan pemanggilan Microsoft Outlook secara cepat dan langssung dari daftar kontak Skype Anda.
Quickfilter dan Speed-Dial – menemukan kontak Skype, chat dan kontak SkypeOut secara cepat dan lebih mudah, kemudian memasukan nama Skype mereka untuk proses pemanggilan kembali secara cepat.
Kelebihan Skype:
1. Komunikasi global dan lokal yang lebih ekonomis melalui suara atau konferensi video. Sebagai ilustrasi pada tahun 2007 perbandingan menelpon ke Amerika dari Indonesia adalah Rp.6,640,-/ menit sedangkan dengan menggunakan skype, aktivitas ini didapatkan gratis (untuk sesama pengguna skype) dan berbayar bila skype digunakan untuk menelpon ke pesawat telpon genggam: Rp. 1,593/ menit atau pesawat telpon rumah: Rp. 423/ menit. Komunikasi menjadi lebih murah dan terjangkau. Konferensi bisa dilangsungkan antar pengguna (dua orang) sampai dengan lima pengguna sekaligus.
2. Penggunaannya yang mudah. Untuk pengguna yang telah biasa menggunakan pengirim-penerima pesan instan internet, perangkat lunak skype akan dirasakan mudah. Pengguna hanya diharuskan untuk memiliki komputer dengan spesifikasi teknis tertentu, headset (yang memiliki mike dan speaker), serta sambungan internet.
3. Kualitas suara yang lebih baik dibandingakan VoIP pendahulunya. Kegunaan dasar pembicaraan telepon melalui komputer di mana pun pengguna berada (dengan koneksi internet) secara gratis


Kekurangan Skype:
1. Penipuan. Layaknya seluruh hubungan yang dilakukan melalui internet, skype juga memiliki masalah yang sama dengan registrasi identitas penggunanya. Registrasi dapat dilakukan tanpa menyerahkan identitas diri yang sah sehingga sebagai pengguna kita dapat memilih untuk tidak menggunakan nama asli dan di pihak yang sama kita berisiko untuk berkenalan dengan orang tanpa tahu identitasnya. Hal ini rentan terhadap penipuan dan kejahatan-kejahatan lainnya.
2. Kapasitas yang besar. Skype memakan 23MB kapasitas harddisk ketika dipasang, dibandingkan dengan pengirim pesan instan lainnya seperti Yahoo Messenger yang memakan kapasitas lebih kecil sekitar 10-15 MB.
3. Terhalang oleh waktu dan kesediaan orang yang memanggil dan yang dipanggil. Penggunaan skype dengan metode suara harus dilakukan dengan rencana sebelumnya seperti membuat janji dengan orang yang dituju, karena apabila orang yang dituju tidak siap (terhalang oleh perbedaan waktu atau kesulitan sambungan Internet) maka niat untuk melakukan komunikasi langsung melalui suara bisa jadi sia-sia.
4. Tidak ada panggilan darurat dengan Skype. Skype tidak dapat digunakan untuk panggilan darurat.
 


sumber : http://flawless9angels.blogspot.com/2013/11/new-media-merupakan-media-yang.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar